Rabu, 17 November 2010

Penggunaan Internet dan New Media


Pada posting sebelumnya sudah saya bahas mengenai sejarah internet dan penerapan new media secara umum. Nah sekarang saya akan membahas lebih lanjut penerapan new media beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sebenarnya banyak sekali contoh-contoh new media yang ada karena teknologi internet sudah sangat berkembang. Tapi kali ini saya hanya mengambil contoh dari salah satu jejaring sosial yang menjadi trend di Indonesia yaitu Facebook

Facebook seperti sudah mendarah-daging di Indonesia. Kesannya seperti tiada hari tanpa facebook. Lihat saja penggunanya, dari anak SD sampai kakek-nenek punya account facebook. Kemudahan aksesnya pun sudah di akui. Karena tanpa harus login lewat komputer, facebook bisa di akses melalui browser HP atau pesan singkat (SMS), seperti untuk Update status, saling berkirim wall dengan teman, dan lain-lain.


Selain itu, alasan saya menjadikan Facebook sebagai salah satu contoh perkembangan teknologi internet dan new media adalah kemudahan dalam menyebarkan berita. Para pengguna facebook pasti akan tahu jika ada seorang temannya yang meng-update status. Dari status seorang teman itu, bisa menyebar ke teman yang satu, ke satunya lagi dan ke teman yang lainnya. Dengan kemudahannya itu, facebook menjadi seperti diary, blog, hompage, bahkan tempat untuk berbisnis. Benar-benar dimanfaatkan sebagai Social Networking.

Facebook sendiri dibuat oleh Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Harvard dan diluncurkan tanggal 4 Februari 2004. Awalnya pun facebook ini hanya untuk kalangan mahasiswa Harvard. Namun dalam dua bulan berikutnya, keanggotaannya di perluas untuk Boston College, MIT, Tufts, Rochester, Stanford dan lainnya.

Pengguna facebook yang tadinya hanya untuk kalangan tertentu, akhirnya meluas. Dan sejak tanggal 11 september 2006, setiap orang yang memiliki email bisa mendaftar dan mempunyai account facebook. Fitur-fiturnya pun diperlengkap. Mulai dari update status, sharing foto/video, berbagi link, event, Privat Message, chat, bahkan ada fitur untuk kuis, permainan, dan aplikasi lainnya.

Agustus 2009 Facebook sempat meluncurkan versi Lite-nya. Versi ini lebih ringan dari facebook biasa, namun ada beberapa fitur yang dikurangi. Karena itu Facebook Lite ini diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai koneksi internet lambat. Tetapi selang 8 bulan kemudian, akses facebook lite ini di tutup. Mungkin karena sedikit user yang menggunakannya.

Salah satu kelebihan facebook yaitu tampilannya yang User Friendly. Tapi saya sempat mengalami  facebook menjadi sedikit lebih sulit penggunaannya. Ternyata ada sedikit perubahan pada tampilannya. Tapi karena pada dasarnya ia menerapkan sistem tampilan yang user friendly, biarpun ada perubahan, akan cepat dimengerti oleh penggunanya.

Kesimpulannya, facebook memiliki keunggulan:
  • Gratis. Walaupun gratis, pengguna tetap mendapatkan layanan dan fitur penuh dari facebook.
  • Tampilan yang User Friendly. Kemudahan penggunaannya. Walau agak rumit saat pertama kali menggunakannya, tapi akan cepat terbiasa.
  • Update status. Mem-posting apa yang anda pikirkan saat itu, atau sekedar berbagi berita dengan teman.
  • Private Message. Dapat berkirim pesan ke semua pengguna facebook tanpa harus menjadi teman terlebih dahulu.
  • Fitur Upload foto dan video. Berbagi kenangan bersama teman, saudara, bahkan orang tua dengan cara menandai (tag) orang pada foto atau video tersebut.
  • Fitur Note. Sebagai pengganti blog jika si pengguna tidak mempunyai blog pribadi.
  • Fitur Chat. Bisa chat pribadi antara 2 orang atau chat group, chat dengan semua member grup tersebut
  • Calendar event. Sebagai reminder aka nada event apa dalam waktu dekat.
  • Game dan Aplikasi. Penghilang rasa bosan. Dengan berbagai jenis game dan aplikasi, mulai dari yang serius, lucu, imut, sampai yang konyol.
  • Pengaturan Privasi. Facebook memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengatur privasi mereka.
  • Tempat Berbisnis. Kita dapat ber-facebook sambil berbisnis dengan beriklan tanpa terkena biaya alias gratis. Ini bisa membantu para penggunanya mengembangkan bisnis mereka, karena biaya memasang iklan untuk space yang kecil saja memakan banyak biaya.
  • Akses Mobile. Pengguna bisa menggunakan facebook dengan menggunakan mobile web atau SMS.
  • Dan masih banyak laiinya.

Kekurangannya menurut saya:
  • Banyaknya pengguna yang mengakses, sehingga kadang sulit me-load halaman facebook.
  • Tampilannya hanya sebatas itu-itu saja. Tidak bisa dikembangan oleh penggunanya seperti pada social networking lain yang paling tidak bisa menerapkan tema pada profil si pengguna.
  • Mudah dibajak. Banyak orang yang bahkan tidak terlalu paham dengan teknologi internet, bisa membajak facebook seseorang.

Kehadiran Facebook sebagai salah satu New Media, bisa juga memicu terjadinya pelanggaran. Dengan menyebarkan berita yang membuat pihak tertentu yang merasa dijelekkan atau merasa diejek. Contohnya terjadi pada artis-artis Indonesia yang membuat banyak fenomena berita yang kurang baik dengan menggunakan New Media.

Nah, untuk itu.. diharapkan bagi anda semua tetap menggunakan teknologi internet dan new media dengan berhati-hati ya.. ^_^

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen di sini ya ^_^